Kamis, 20 September 2018

Pantai Tanjung Siambang diwarnai kemeriahan perlombaan Sampan Layar & Jong


Kepulauan Riau merulakan salah satu provinsi kepulauan yang sangat berpotensi di Indonesia, masyarakat Kepri tentu saja memiliki banyak permainan tradisional yang berhubungan dengan laut. Satu diantara permainan yang masih terus dijaga kelestariannya adalah jong dan sampan layar. Bahkan permainan ini kerap dilombakan di beberapa daerah di Kepri setiap tahunnya.


Ajang lomba permainan tradisional ini dikenal oleh masyarakat Kepri dengan istilah Lomba Jong dan lomba sampan layar. Lomba Jong adalah lomba memacu perahu mini tanpa pengemudi. Ukuran jong ini memang sangat kecil dan tidak mungkin untuk seorangpun naik di atasnya.


Sedangkan lomba sampan layar adalah lomba kecepatan sampan yang dikemudikan oleh beberapa orang.Permainan ini merupakan permainan tradisional yang sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Kepulauan Riau.
Permainan ini dimainkan oleh masyarakat 


Kepulauan riau saat datang musin angin utara yang membawa angin cukup kencang sehingga jong dapat melaju kencang. Permainan jong ini menjadi aktivitas nelayan yang tidak bisa melaut karena angin dan gelombang kencang. Jong kerap dimainkan baik anak-anak maupun orang dewasa.


Bagi masyarakat sampan atau perahu adalah perlengkapan pokok yang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Permainan sampan layar bagi masyarakat Kepulauan Riau mengandung nilai-nilai budaya tertentu.


Nilai-nilai budayanya yaitu nilai gotong royong, nilai pendidikan, nilai sosial, nilai sportivitas, nilai seni. Dalam permainan sampan layar tidak ada peraturan khusus, melainkan pemenangnya adalah peserta yang cepat sampai finish.


Lomba sampan layar dan jong sudah menjadi agenda pada Festival Bahari Kepri beberapa tahun belakangan ini yang banyak diminati oleh masyatakat Kepri.
#PesonaFestivalBahariKepri. Perlombaan ini sebagai bentuk upaya pelestarian permainan tradisional agar tetap dikenal hingga saat ini, karena anak anak milenial wajib mengenal budaya ini.


Lomba sampan layar dan jong berlangsung pada Tanggal 21-23 September 2018 bertepat di Pantai Tanjung Siambang, Dompak. Lomba jong akan berlangsung dari Pukul 08.00 hingga 15.00 WIB saat air laut pasang dan melihat angin saat bertiup kencang.

Tidak ada komentar:

White Sands Island

Lima Destinasi Wisata Unggulan Bintan Yang Masuk Dalam Route Tour De Bintan 2020

Photo by @fajarvandra_ii BINTAN – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak ...