Sabtu, 22 September 2018

Pangkak Gasing, Permainan Tradisional Kepri dilombakan dalam Festival Bahari Kepri 2018



Pangkak Gasing, Permainan Tradisional Kepri dilombakan dalam Festival Bahari Kepri 2018.

Festival Bahari Kepri 2018 kembali menghadirkan perlombaan olahraga bahari yaitu lomba gasing sebagai permainana tradisional melayu.
Lomba gasing berlangsung sejak tanggal 22 September hingga 23 September di Pantai Nabila, Dompak.

Gasing merupakan permainan tradisional khas orang-orang Melayu sejak dahulu. Permainan gasing telah dikenal oleh masyarakat Indonesia di Kepulauan Riau khususnya sejak zaman Belanda.
Gasing tradisional dapat dibuat dari kayu yang diukir-ukir sedemikian rupa sehingga menjadi badan gasing.

Tali gasing umumnya terbuat dari, nilon, benang ataupun kulit pohon dan panjang tali gasing pun berbeda-beda tergantung panjang lengan pemainnya.

Sebagai permainan tradisional gasing kerap diperlombakan diberbagai event di Kepulauan Riau sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya Melayu.

Lomba gasing identik dengan masyarakat bahari karena termasuk kedalam olahraga bahari yang masuk dalam budaya Kepulauan Riau.

Nelayan banyak mengisi waktu luang untuk bermain gasing sebagai permainan tradisional pada saat musim utara karena nelayan tidak dapat turun melaut.

Gasing sebagai pelestarian wisata dan budaya dengan memperkenalkan olahraga bahari kepada anak-anak milenial dan wisatawan yang datang ke Kepulauan Riau.

Gasing standar nasional yaitu gasing jantung dan gasing Berembang. Sedangkan gasing tradisi yaitu gasing kaca yg berkembang di daerah Natuna dan Anambas namun tidak sampai ke Nasional.

Peserta terdiri dari 7 Peserta berasal dari Tanjungpinang, Batam, Karimun dan Bintan. Tak ketinggalan peserta memakai tanjak selama perlombaan sebagai ciri khas budaya melayu.

Bapak Iskandar selaku panitia Fest Pangkak Gasing di Festival Bahari Kepri mengatakan, "Pemenang akan meraih uang pembinaan dengan total 12 sampai 15 Juta Rupiah".

Dalam perlombaan gasing pemenang ditentukan berdasarkan waktu gasing mampu berputar hingga berhenti dan kekuatan pangkak gasing.

1 peserta memangkak sebanyak 3 kali. Wajar saja permainan ini berlangsung cukup lama dan menegangkan.

Final Gasing akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018 dan diperkirakan acara akan lebih seru dan ramai pengunjung yang menyaksikan.

Tidak ada komentar:

White Sands Island

Lima Destinasi Wisata Unggulan Bintan Yang Masuk Dalam Route Tour De Bintan 2020

Photo by @fajarvandra_ii BINTAN – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak ...