Kamis, 20 September 2018

Lomba Jong Melestarikan Permainan Tradisional Kepulauan Riau di Festival Bahari Kepri 2018

TANJUNGPINANG -
Kepulauan Riau ingin benar-benar menunjukkan kelebihannya sebagai wilayah kepulauan. Terlebih Kepri tentu saja memiliki banyak permainan tradisional yang berhubungan dengan laut. Satu diantara permainan yang masih terus dijaga kelestariannya adalah jong.

Pada Festival Bahari Kepri, lomba jong sudah masuk agenda beberapa tahun belakangan ini dan banyak diminati oleh masyarakat Kepri. Perlombaan ini sebagai bentuk upaya pelestarian permainan tradisional agar tetap dikenal hingga saat ini, karena anak-anak milenial wajib mengenal budaya ini.

Nah, tahun ini lomba jong kembali diselenggarakan. Berlangsung pada tanggal 21-23 September 2018. Kali ini tempatnya di Pantai Tanjung Siambang, Dompak. Lomba jong berlangsung dari Pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.



Hari ini telah berlangsung pembukaan lomba jong pada pukul 08.00 WIB. Lomba jong diikuti 859 peserta yang berasal dari klub asal Karimun, Batam, Bintan, Dumai, Bengkalis dan Dompak.

Lomba jong terbagi 3 katagori yaitu jong besar sebanyak 294 peserta, jong sedang sebanyak 293 peserta dan jong kecil sebanyak 272. Jong diperlombakan per-race. Satu race terdiri dari 10 peserta jong dari tiap-tiap kategori. Hingga final nanti pada hari Minggu, 23 September 2018.

Salah satu peserta lomba jong, Ramli mengatakan setiap tahun ia ikut lomba jong. Tahun lalu ia mendapat juara 2. "Harapannya peserta bisa suportif terhadap aturan panitia dan tahun-tahun berikutnya lebih ramai lagi yang ikut," katanya.

Permainan jong sejak lama ada dan kerap dilombakan di beberapa daerah di Kepri setiap tahunnya. Permainan tradisional ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Kepri.

Permainan ini dimainkan oleh masyarakat Kepri saat datang musin angin utara yang membawa angin cukup kencang sehingga jong dapat melaju kencang.

Permainan jong ini menjadi aktivitas nelayan yang tidak bisa melaut karena angin dan gelombang kencang. Jong kerap dimainkan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sejak itu ajang lomba permainan tradisional ini dikenal oleh masyarakat Kepri dengan istilah Lomba Jong.

Lomba Jong adalah lomba memacu perahu mini tanpa pengemudi. Ukuran jong ini memang sangat kecil dan tidak mungkin untuk seorangpun naik di atasnya. Jadi hanya dibantu layar dan angin. (*)

Tidak ada komentar:

White Sands Island

Lima Destinasi Wisata Unggulan Bintan Yang Masuk Dalam Route Tour De Bintan 2020

Photo by @fajarvandra_ii BINTAN – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak ...