Selasa, 25 September 2018

Festival Bahari Kepri 2018 Sukses Gemilang

Bertabur Kemeriahan di Festival Bahari Kepri 2018

Kepulauan Riau, dengan segala keeksotisan Pulau yang dimiliki, memang digadang gadang akan menjadi destinasi Wisata Bahari unggulan Indonesia. Dengan persentase wilayah laut mencapai 90% dari total wilayah, tak heran jika Provinsi ini menyimpan berjuta kekayaan Bahari yang mampu menarik wisatawan. Melihat hal ini, tentu saja Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tidak hanya diam. Berbagai cara untuk mempromosikan Kepulauan Riau lebih dikenal dimata dunia. Termasuk dengan cara menghadirkan atraksi-atraksi yang tujuannya menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. 


Festival Bahari Kepri adalah salah satu event yang yang digelar setiap tahun. Festival ini pertama sekali dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu. Melihat Provinsi Kepulauan Riau yang kaya akan Baharinya, tentu saja Festival ini sangat cocok dilaksanakan di Kepulauan Riau. Tentu saja, dengan tujuan memberikan hiburan kepada masyarakat Kepulauan Riau dan mempromosikan Kepulauan Riau agar lebih dikenal wisatawan diseluruh dunia. 


Tahun ini, ada yang berbeda dari pelaksanaan Festival Bahari Kepri. Perdana, dihadirkan salah satu acara baru yaitu Expedition Jetsky. Expedition Jetsky ini menghadirkan peserta dari 4 negara, yaitu China, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Dengan jumlah peserta dari China berjumlah 4 orang, Indonesia 5 orang, Malaysia 13 orang dan Singapur 5 orang.



Para pecinta olahraga Jetski ini tiba di Tanjungpinang pada tanggal 21 September 2018 setelah dijemput oleh peserta lokal dari Lobam, Kabupaten Bintan. Kemudian, pada 22 September 2018 mereka melakukan touring bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bapak Nurdin Basirun. Sebagai informasi, jetski adalah olahraga favorit Gubernur Kepri. Setelah melakukan touring lalu mereka melakukan atraksi-atraksi di laut Jembatan Dompak Tanjungpinang. Atraksi ini bermaksud untuk menghibur pengunjung yang datang. Banyak pengunjung yang antusias dengan atraksi ini bahkan ada beberapa pengunjung yang dikasi kesempatan untuk mencoba naik jetski dari para peserta. 



Tak kalah dengan Expedition Jetsky, perlombaan Jong juga sangat menarik perhatian masyarakat Kepulauan Riau. Jong yang notabennya adalah permainan tradisional Kepulauan Riau, menjadi lebih seru disaksikan saat pelaksanaanya dilakukan di Pantai Tanjung Siambang Dompak. Tujuan perlombaan ini tentu saja untuk melestarikan permainan tradisional ini dibalut dengan dengan keindahan Pantai Tanjung Siambang. Tercatat ada 900 unit Jong yang ikut bertanding tahun ini. Jumlah ini mengalami peningkatan dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Yang menarik tentu saja warna dari layar Jong yang dipertandingkan. Warna warninya membuat pantai Tanjung Siambang semakin indah. 



Dilain tempat, Langit Dompak juga dipenuhi warna warni. Ada pertandingan Layang-layang yang dilakukan di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Riau. Beragam bentuk layang-layang menghiasi langit pada hari Minggu 23 September 2018. 



Kemeriahan juga terasa dibalut tradisi saat mengunjungi Pantai Nabila di Dompak. Karena pada 22-23 September dihari itu ada pelaksanaan Lomba Gasing. Selain itu juga ada Lomba Pembacaan Gurindam 12 di Gedung Daerah ditanggal 22 September. Lomba pembacaan Gurindam ini dimaksudkan juga untuk tetap menjaga peninggalan karya sastra karangan Raja Ali Haji ini.



Untuk menutup rangkaian acara Festival Bahari Kepri 2018 diadakan acara penutupan di hari Senin 24 September 2018. Acara ini dilaksanakan pada pukul 19.30 dan dihadiri penyanyi ibukota yaitu Cakra Khan. Antusias masyarakat meledak saat sang Penyanyi mulai menyanyikan tembang pertama. Panitia sengaja mengundang Cakra Khan untuk memeriahkan penutupan Festival Bahari Kepri 2018. Tentu saja untuk memanjakan dan menghibur masyarakat yang datang ke Gedung Daerah. 



Dan banyak dari masyarakat yang berharap agar Festival Bahari Kepri tetap dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya. Karena mereka sangat terhibur dan merasa senang jika Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang banyak dikunjungi oleh wisatawan.




Tidak ada komentar:

White Sands Island

Lima Destinasi Wisata Unggulan Bintan Yang Masuk Dalam Route Tour De Bintan 2020

Photo by @fajarvandra_ii BINTAN – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak ...