Selasa, 11 Februari 2020

Ayo Berlibur Menikmati Keindahan Eco - Wisata Hutan Mangrove Natuna

Credit photo @Dian
Bakau/Mangrove adalah tanaman pepohonan atau komunitas tanaman yang hidup diantara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang surut. Habitat Mangrove seringkali ditemukan ditempat pertemuan antara muara sungai dan air laut yang kemudian menjadi pelindung daratan dan gelombang laut yang besar.

Photo @Dian
Mangrove berfungsi sebagai
habitat flora dan fauna, pengendali bencana, tempat penyimpanan air, mencegah abrasi dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.

Berikut merupakan beberapa manfaat dan peranan Hutan Mangrove :

1. Mencegah Intrusi Air Laut
Intrusi laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan. Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. Hutan Mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi Air laut ke daratan.

2. Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai
Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.

3. Sebagai pencegah dan penyaring alami
Hutan mangrove biasanya yang dipenuhi akar pohon bakau dan berlumpur. Akar tersebut dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai.

4. Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa
Hutan Mangrove juga merupakan tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan seperti biawak, kura-kura, monyet, burung, ular, dan lain sebagainya. Beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting dan siput juga banyak tinggal didaerah ini

5. Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir
Hutan mangrove seringkali dikatakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu.

Salah satu tujuan pengembangan Geopark adalah untuk konservasi dlm bentuk menjaga dan melindungi.

Photo by @Dian
Unsur/aspek ddlm pengembangan geopark tsb salah satunya adalah keanekaragaman hayati (biodiversity) sperti halnya pepohonan/tanaman jenis Mangrove yg perlu di lestarikan ekosistemnya krna bermanfaat utk khidupan.

Di zaman skrg, Mangrove juga dpt difungsikan dan dimanfaatkan utk sumber ekonomi masyarakat dgn memanfaatkan sebagai destinasi wisata dgn membuat pelantar kayu utk pejalan kaki (boardwalk) dskitar Mangrove, menyusuri Mangrove dgn perahu wisata, spot foto, menanam Mangrove dsb.

Photo of @Dian
Di kab. Natuna sdh ada beberapa Desa memanfaatkan hutan Mangrove sbagai tujuan wisata diantaranya wisata Mangrove Air Batang Desa Mekar Jaya, Wisata Mangrove Semitan Desa Pengadah, wisata Mangrove Setengar Desa Cemaga Selatan.

Semoga kdepan akan bertambah spot destinasi wisata Mangrove di kab. Natuna Sebagai wujud dari pelestarian lingkungan dan tujuan dari pengembangan geopark.

Save Mangrove Birukan Laut Kita.....!!
Yuk liburan ke Kepulauan Natuna gaess, Let You Explore Further How Wonderful Natuna Archipelago Is...!!



Tidak ada komentar:

White Sands Island

Lima Destinasi Wisata Unggulan Bintan Yang Masuk Dalam Route Tour De Bintan 2020

Photo by @fajarvandra_ii BINTAN – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak ...